Selasa, 06 Oktober 2015

Ketika Farah disapih



Idealnya seorang anak disapih ketika berusia 2 tahun. Yaitu ketika sudah selesai proses pemberian ASI, sebagaimana yang dianjurkan di Al-Qur'an dan dunia per-ASI-an. Banyak Ibu yang mengeluh sulitnya proses menyapih pada anak, tapi tak sedikit juga Ibu yang berhasil dan dengan mudahnya melalui proses ini.

Awalnya Farah juga susah sekali lepas dari ASI, tapi Alhamdulillah dengan kerjasama keluarga, Farah bisa lepas dari ASI. Sudah 3x berganti susu kaleng akhirnya yang ke empat mau minum susu. Awalnya merasa asing dengan benda berbentuk dot. Bau susu kaleng yang aneh dan rasa susu yang berbeda dari ASI. Semuanya ditolak mentah-mentah oleh Farah. Pemberian susu dengan sendok pun harus dengan paksaan embah uti.

Akhirnya pada suatu ketika aku dan Farah dijauhkan untuk sementara waktu. Tidur sama embahnya, makan, mandi, main, semua sama embah uti. Jika Farah dihadapkan aku dengan embah utinya, pasti dia memilih digendong dengan embah uti. Sedikit sedih tapi hikmahnya aku bisa menghabiskan banyak waktu dengan Abi nya Farah, bisa pacaran seperti sebelumnya.

Setiap hari Farah minum susu walau dengan paksaan embah uti. Sampai pada satu waktu Farah sudah mengantuk dan waktunya tidur akhirnya Ia makan jeruk sambil tidur, diempok-empok, diusap-usap punggung dan keningnya akhirnya Farah tidur. Walau pun mulutnya tetap makan jeruk dengan menghisap-hisap jeruk sebagaimana mulutnya menghisap ASI. Jeruk adalah buah kesukaan Farah, Farah pernah menghabiskan 1kg jeruk, entah jeruk yang manis atau asam Farah tetap suka.

Setelah bobo dengan jeruk, Farah juga pernah bobo sambil memakan biskuit. Mungkin memang sudah jam tidurnya, beri makanan kesukaan kemudian diempok-empok, Farah tidur dengan sendirinya. Anak biasanya akan rewel ketika Ia merasa tidak nyaman seperti lapar, mengantuk, kepanasan, kedinginan, atau rasa tidak nyaman lainnya. Dan biasanya anak akan tidur lebih pulas dan segar ketika sudah mandi pagi atau mandi sore. Jadi kenali waktu-waktu si anak mengantuk dan tidur, berikan susu kaleng ketika Ia mengantuk, dan begitulah yang terjadi dengan Farah akhirnya Ia mau minum susu dengan dot, karena sudah tidak ada lagi ASInya. 

Sekarang bila jam tidur Farah tiba, Ia akan mengucek-ngucek kedua matanya, pertanda mengantuk. Lalu pastikan Ia tidak kelaparan, tidak haus, sudah makan, dan ajak berdoa sebelum tidur, walaupun Ia terus menarik daster bagian depanku, tak apa, terus diempok-empok, punggungnya diusap-usap, InsyAllah Ia akan tidur perlahan, dan terlelap. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar